Minggu, 18 Oktober 2009

Belajar Fisika, bisa asyik????


Hm... Pelajaran FISIKA.... Sebenarnya bingung. Kenapa pelajaran Fisika selalu kutunggu setiap pekan... Padahal belum pernah diberi kebahagiaan karena Fisika itu. Pelajaran yang tidak bisa dikatakan mudah. Tetapi tidak ada alasan untuk tidak menyukai pelajaran Fisika, karena ternyata belajar Fisika itu asyik dan menyenangkan.
Kadang pelajaran Fisika itu jadi momok yang begitu mengerikan bagi semua siswa (termasuk saya juga). Tapi karena ada rasa yakin bahwa:




Tidak ada bayi yang baru lahir langsung lari…
Biasanya bayi yang baru lahir cuma bisa tidur pasrah… makan disuapin, minum apalagi… setelah puas tidur, bayi biasanya duduk… setelah duduk, bayi merangkak, lalu berdiri. Setelah bisa berdiri, bayi mulai jalan-jalan. Tahap yang terakhir adalah lari… ini adalah proses alamiah dilewati manusia, mulai yang mudah dulu baru sulit… 
Proses alamiah ini sebaiknya kita gunakan juga dalam pembelajaran fisika… Kerjakan soal yang mudah dulu, baru soal yang sulit… jangan belum apa-apa sudah mau mencoba soal yang sulit. Ini sama saja kita memaksa diri untuk “lari”… Para perancang game juga tahu hal ini. Kalau kita maen game, biasanya mulai dari level 1, setelah itu level 2, level 3 dan seterusnya…


Fisika Sebenarnya Menyenangkan. . .(iyya kah?)
Berpikirlah positif terhadap fisika, maka akan muncul hasil yang positif. Jika kita berpikir belajar Fisika itu asyik dan menarik, maka otak kita pun akan mencari alasan mengapa Fisika itu menyenangkan dan mengapa perlu mempelajarinya. Berdasar pikiran yang positif itulah, lahir minat dan semangat baru untuk belajar mencintai Fisika. 


Fisika Banyak Manfaatnya. . .
 Fisika tidak selalu berkaitan dengan rumus, tetapi menggunakan logika berpikir. Bukan berarti Fisika tanpa Matematika, karena Matematika adalah dasarnya. Biasanya orang Fisika selalu mempunyai logika dan pola pikir yang baik, sehingga orang yang ahli dalam bidang Fisika mampu bekerja di berbagai bidang. 


Saya mulai menyukai Fisika. Mulai menantikannya. Dan akan selalu merasa begitu bodoh jika ada soal yang belum bisa ku selesaikan dengan baik.

0 komentar:

Posting Komentar